7/09/2019

"Yang Mahal itu, Ilmu"


BERKALI-KALI saya berpikir, bagaimana caranya membuang bagian video yang tidak penting. Berkali-kali juga saya gagal paham bagaimana cara memotong bagian video itu. Belum lagi memikirkan, kok bisa ya aktivitas kita di laptop bisa direkam dengan gambar yang stabil dan tak goyang sedikitpun? Apalagi cara menggabungkan video satu dengan video lain. Pakai apa? Seterusnya, itu kok videonya ada musiknya? Apa mungkin si perekam video merekam gambar tersebut sambil menyetel musik? Lalu bagaimana pengaturan volumenya? Huft! Pusing! 

Dunia editing video memang bukan jurusanku. Memang dulu aku sempat jadi jurnalis. Tapi cetak. Bukan elektronik. Bahkan waktu kuliah tak sempat belajar editing video. Cuma fotograpi. Itu pun tak memadai. 

Ah, dunia semakin berkembang. Begitu mudah orang-orang yang mengerti perkembangan dunia itu mencari uang dengan teknologi. Aku pernah dengar katanya seorang youtuber yang kerjanya hanya mengedit dan kemudian mengupload video penghasilannya sampai puluhan juta. Bahkan ratusan juta. Bagaimana bisa?

Aku harus bisa! Meski belum bisa menghasilkan uang seperti mereka, tapi setidaknya aku harus bisa editing video meski seadanya. Ini bukan hanya soal ketinggalan zaman atau tidak, tapi juga soal kepuasan bathin ketika mampu mengoperasikan aplikasi editing video. 

Sejak itulah saya iseng. Saya download  aplikasi editing video. Setelah itu saya buka video lama anak-anakku yang sedang bermain. Aku edit. 

Perlu kerja keras. Otak yang tak lagi muda ini tak secepat dulu menangkap. Berhari-hari bahkan sampai subuh aku hanya ada di depan laptop. Perlu waktu cukup untuk memulai sebuah karya. Hasilnya? Untuk seorang pemula, lumayanlah. 

Sekarang aku mengerti. Mereka yang berpenghasilan jutaan, puluhan bahkan ratusan juta itu wajar menerimanya. Karena sebenarnya yang membuat mereka berharga adalah ilmu. 

Karena menyadari akses informasi dan tutorial menjadi jurus utama bagi pemula di dunia editing video, saya memutuskan untuk membuat channel youtube. Tutorial di channel ini bisa dilihat siapapun. 

Untuk melihatnya cukup dengan mengklik link berikut ini: eRDe TV

Sedangkan video anak-anakku yang aku edit aku pisahkan channelnya dan bisa dilihat di sini: H&S Channel Youtube

Yang berminat mengikuti kedua channel youtube di atas, bisa langsung klik linknya. Setelah muncul jendela baru, pastikan anda mengklik tombol subscribe. GRATIS.. ^_^

Tidak ada komentar: