Galeri Lebong Tandai



Keterangan Foto (dari atas ke bawah)
1. Kamar Bola atau Rumah Biliar zaman Belanda
2. Kondisi Bangunan SD Lebong Tandai sekarang
3. Bak penampung limbah tambang milik perusahaan Belanda

FOTO-FOTO ini diambil di Lebong Tandai beberapa waktu lalu. Dengan foto ini, kita bisa menggambarkan betapa megah dan sejahteranya masyarakat Lebong Tandai saat tambang emas setempat masih dikelola oleh penjajah Belanda. Bahkan, dari peninggalan penjajah pada saat itu, hingga saat ini masih ada rumah biliar dan beberapa aset lainnya. Terlebih konon katanya emas yang ada di puncak Monas merupakan emas yang diambil dari kawasan tambang Lebong Tandai.
Kondisi ini sangat ironis jika dibandingkan dengan sekarang. Sekarang, bisa dikatakan masyarakat Lebong Tandai jauh tertinggal. Terlebih jika kita lihat kondisi sekolah dasar di tempat ini, dengan atap bocor dan bangunan seadanya, kondisinya cukup memprihatinkan. (**)

Komentar

aniq mengatakan…
iya. kasian lebong tandai sekarang. setelah habis ditinggalkan. bak ibarat habis manis sepah dibuang. pada hal deket dengan tempat ku tapi aq sendiri belum pernah kesana.
Heri aj.... mengatakan…
lebong tandai adalah tempat lahirku tahun 82 tpi ag tidak bisa berbuat banyak dg nya......... ag sangat miris melihat keadaan nya sekarang 25 tahun sudah ku tinggal kan.......
suhenri mengatakan…
saya pernah tingallebongtandai. memang kalau kita lihat puingpuing bangunan peningalan belanda memang agak terharu dan betapa sedihnya kalau pemerintah daerahnya tidak merawat situs situs bersejarah ini
pelangibiru mengatakan…
Hem keren artikelnya...

Postingan populer dari blog ini

Bus Masuk Jurang, 12 Tewas

Aku Ketemu Mantan

TUGAS dan Wewenang MK